Rabu, 01 Februari 2012

RPP Matematik Kelas 3 SD Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD N Lamkunyet
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : III/2
Tema                          : Pekerjaan
Alokasi Waktu           : 6 × 35 menit (2 kali pertemuan)

I.          Standar Kompetensi :
Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
II.        Kompetensi Dasar :
Mengenal pecahan sederhana.
III.       Indikator :
1.      Mengenal pecahan sebagi bagian dari sesuatu yang utuh.
2.      Membaca dan menulis lambang pecahan.
3.      Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar dan sebaliknya.
4.      Membilang dan menuliskan pecahan dalam kata-kata dan dalam lambang.
IV.       Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan.
2.      Siswa dapat membaca dan menuliskan lambang pecahan.
3.      Siswa dapat menyajikan nilai pecahan dalam bentuk gambar dan sebaliknya.
4.      Siswa dapat membilang dan menuliskan pecahan dengan kata-kata dan lambang.
V.        Materi Ajar
Pecahan          
VI.       Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, dan tugas
VII.     Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat pengerjaan hitung pembagian.
Motivasi : Materi ini berguna bagi penjual makanan.
Kegiatan Inti
1.      Guru menunjukkan tiga batang kayu. Satu batang dicat dua warna sama   besar, satu batang dicat tiga warna, dan satu batang dicat empat warna yang berbeda tetapi sama besar.
2.      Bertanya jawab tentang bagian yang dicat. Siswa menentukan bahwa bagian dari keseluruhan merupakan pecahan.
3.      Dengan bimbingan guru, siswa membaca dan menuliskan lambang pecahan.
4.      Siswa menyajikan nilai pecahan dalam berbagai bentuk gambar dan menentukan nilai pecahan dari gambar yang disajikan guru.
5.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 104.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa merangkum hasil pembelajaran.
2.      Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua (3 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat pecahan sebagai bagian dari keseluruhan.
Motivasi : Materi ini bermanfaat bagi pedagang sembako.
Kegiatan Inti
1.      Bertanya jawab dengan guru, siswa membaca dan menuliskan lambang pecahan.
2.      Guru menggambarkan nilai pecahan dalam berbagai bentuk gambar, siswa membandingkan nilai pecahan berdasarkan gambar.
3.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 107.
4.      Guru menggambarkan nilai pecahan dengan menggunakan beberapa garis bilangan, siswa membandingkan nilai pecahan pada garis bilangan.
5.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 110.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Guru memberi tugas rumah.
VIII.    Alat dan Sumber Belajar
Buku Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, tahun  2006, halaman 100–110
IX.       Penilaian
Teknik : Kuis, tes
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis
Contoh instrumen:
1. Sebuah roti dipotong menjadi empat sama besar.
    Setiap potong roti nilainya . . . .
                    2. Seperempat ditulis . . . .
 3. nilai pecahannya . . . .


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD N Lamkunyet
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : III/2
Alokasi Waktu           : 3 × 35 menit (1 kali pertemuan)

I.          Standar Kompetensi :
Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
II.        Kompetensi Dasar :
Membandingkan pecahan.
III.       Indikator :
1.      Membandingkan nilai dua pecahan dengan gambar.
2.      Membandingkan nilai dua pecahan dengan garis bilangan.
IV.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membandingkan nilai dua pecahan dengan gambar.
2.      Siswa dapat membandingkan nilai dua pecahan dengan garis bilangan.
V.        Materi Ajar
Pecahan
VI.       Metode Pembelajaran
Tes, unjuk kerja
VII.     Langkah-Langkah Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat tentang perbandingan pecahan.
Motivasi : Materi ini sangat berguna salah satunya bagi pengusaha katering.
Kegiatan Inti
1.      Guru menyajikan berbagai gambar, siswa menyebutkan nilai pecahannya.
2.      Beberapa siswa maju membuat gambar dari nilai pecahan yang disebutkan guru.
3.      Guru menyajikan beberapa pasang pecahan, siswa menyatakan perbandingan dari pasangan pecahan.
4.      Guru menginformasikan cara menyelesaikan soal sederhana mengenai pecahan.
5.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 111.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa dan guru melakukan refleksi.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa merangkum hasil pembelajaran.
3.      Guru memberi tugas rumah.
VIII.    Alat dan Sumber Belajar
Buku Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, tahun 2006, halaman 106–111
IX.       Penilaian
Teknik : Kuis, tes
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis
Contoh instrumen:

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD N Lamkunyet
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : III/2
Alokasi Waktu           : 3 × 35 menit (1 kali pertemuan)

I.          Standar Kompetensi :
Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
II.        Kompetensi Dasar :
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
III.       Indikator :
Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pecahan sederhana.
IV.       Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menyelesaikan cerita yang berhubungan dengan pecahan sederhana.
2.      Siswa dapat menyelesaikan cerita yang berhubungan dengan membandingkan pecahan.
V.        Materi Ajar
Pecahan
VI.       Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas, ceramah bervariasi
VII.     Langkah-Langkah Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat perbandingan pecahan dengan garis bilangan.
Motivasi : Materi ini bermanfaat bagi pengusaha katering.
Kegiatan Inti
1.      Guru menuliskan beberapa pasang pecahan, siswa membandingkan setiap pasangan pecahan dengan memberi tanda >, <, atau =.
2.      Diskusi kelas membahas hasil pekerjaan siswa.
3.      Guru memberikan informasi tentang penyelesaian soal cerita yang mengandung pecahan sederhana.
4.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 114.

Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa dan guru melakukan refleksi.
3.      Guru memberi tugas rumah.
VIII.    Alat dan Sumber Belajar
Buku Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, tahun 2006, halaman 111–114
IX.       Penilaian
Teknik : Kuis, tes
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis
Contoh instrumen:
1.      Anton membawa beras 21 kilogram.Lia membawa beras 41 kilogram. Siapa yang membawa lebih berat?
2.      Panjang tali Doni 43 meter.Panjang tali Wati 32 meter.Tali siapa yang lebih pendek?





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SD N Lamkunyet
Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas/Semester                      : III/2
Tema                                      : Kegiatan
Alokasi Waktu                       : 9 × 35 menit (3 kali pertemuan)

I           Standar Kompetensi :
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana.
II.        Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat dan unsurnya.
III        Indikator :
1.      Menemukan sifat-sifat bangun datar persegi.
2.      Menggambar persegi sesuai dengan sifat-sifatnya.
3.      Menemukan sifat-sifat bangun datar persegi panjang.
4.      Menggambar bangun datar persegi panjang sesuai dengan sifat-sifatnya.
5.      Menemukan sifat-sifat bangun datar segitiga.
6.      Menggambar segitiga sesuai dengan sifat-sifatnya.
7.      Menyebutkan jenis-jenis segitiga menurut panjang, sisi, dan besar sudutnya.
IV.       Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menemukan sifat-sifat bangun datar persegi.
2.      Siswa dapat menggambar persegi sesuai dengan sifat-sifatnya.
3.      Siswa dapat menemukan sifat-sifat bangun datar persegi panjang.
4.      Siswa dapat menggambar persegi panjang sesuai dengan sifat-sifatnya.
5.      Siswa dapat menemukan sifat-sifat bangun datar segitiga.
6.      Siswa dapat menggambar segitiga sesuai dengan sifat-sifatnya.
7.      Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis segitiga menurut panjang, sisi, dan besar sudutnya.
V.        Materi Ajar
Bangun Datar Sederhana
VI.       Metode Pembelajaran
Tanya jawab, demonstrasi, diskusi, tugas, dan ceramah bervariasi
VII.     Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 × 35 menit)

Pendahuluan
Apersepsi: Bertanya jawab tentang bentuk buku, papan tulis, eternit, lantai keramik, dan lain-lain (bangun datar).
Motivasi : Materi ini berguna dalam membuat lapangan olahraga.
Kegiatan Inti
1.      Guru menggambar persegi pada papan berpetak, siswa menyebutkan panjang setiap sisi dalam petak satuan.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa menentukan sifat-sifat dari bangun datar persegi dengan menggambar dua diagonalnya terlebih dahulu.
3.      Guru menunjukkan bangun datar persegi panjang dan segitiga, siswa menentukan sifat-sifatnya bersama kelompok.
4.      Beberapa siswa menyampaikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi.
5.      Diskusi kelas untuk menemukan sifat-sifat bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua (3 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat sifat-sifat bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga.
Motivasi : Materi ini berguna bagi tukang batu atau bangunan.
Kegiatan Inti
1.      Guru menunjukkan gambar persegi, siswa menyebutkan sifat-sifatnya.
2.      Siswa membuat gambar persegi berdasarkan sifat-sifatnya, dengan menggambar kedua diagonalnya terlebih dahulu.
3.      Bersama kelompok, siswa menggambar bangun datar persegi.
4.      Beberapa siswa maju menyampaikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi.
5.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 141.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Ketiga (3 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Bertanya jawab tentang gambar dan sifat-sifat segitiga.
Motivasi : Materi ini berguna bagi seorang desainer.


Kegiatan Inti
1.      Bersama kelompok, siswa menggambar sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul kemudian pada ujung sinar garis dihubungkan.
2.      Guru menginformasikan jenis segitiga menurut besar sudutnya.
3.      Masih bersama kelompok, siswa menggambar segitiga berdasarkan sifat-sifatnya dengan ketiga sisi sama panjang, dua sisi sama panjang, dan ketiga sisinya tidak sama.
4.      Guru menginformasikan jenis segitiga berdasarkan panjang sisinya.
5.      Setelah memberi nama setiap segitiga yang digambar, beberapa siswa maju menyampaikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain menanggapi.
6.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 136–137.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Siswa bersama guru melakukan refleksi.
3.      Guru memberi tugas rumah.
VIII.     Alat dan Sumber Belajar
1.      Buku Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, tahun 2006
2.      Gambar bangun datar sederhana
3.      Papan berpetak
IX.       Penilaian
Teknik : Kuis, tes, tugas
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis
Contoh instrumen:
1.      a. Apa nama bangun datar di samping?
b. Sebutkan sifat-sifatnya.
2.      Gambarkan bangun datar persegi panjang.
3.      Sebutkan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya.
4.      Apa nama bangun datar di samping?












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SD N Lamkunyet
Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas/Semester                      : III/2
Alokasi Waktu                       : 8 × 35 menit (3 kali pertemuan)

I.          Standar Kompetensi :
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana.
II.        Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasikan berbagai jenis dan besar sudut.
III.       Indikator :
1.      Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua sinar atau garis yang berpotongan.
2.      Mengurutkan bersar sudut menurut ukurannya.
3.      Menyatakan dan membuat jenis-jenis sudut lancip, siku-siku, dan tumpul.
4.      Menyatakan sudut sebagai jarak putar.
IV.       Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian sudut.
2.      Siswa dapat mengurutkan besar sudut menurut ukurannya.
3.      Siswa dapat menyatakan dan membuat jenis-jenis sudut lancip, siku-siku, dan tumpul.
4.      Siswa dapat menyatakan sudut sebagai jarak putar.
V.        Materi Ajar
Sudut
VI.       Metode Pembelajaran
Tanya jawab, demonstrasi, diskusi, dan tugas
VII.     Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Bertanya jawab tentang sudut rumah, kelas, meja, buku, dan lain-lain.
Motivasi : Materi ini bermanfaat bagi tukang kayu.
Kegiatan Inti
1.      Guru menginformasikan pengertian sudut secara matematis dengan potongan lidi berserta nama sudut.
2.      Guru menunjukkan beberapa macam sudut, siswa mengurutkan sudut dari yang terbesar ke terkecil dan sebaliknya.
3.      Siswa membandingkan dua sudut yang ditunjukkan guru dengan istilah lebih besar, lebih kecil, atau sama besar.
4.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 120.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua (3× 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat tentang urutan sudut dan perbandingannya.
Motivasi : Materi ini berguna bagi pengusaha mebelair.
Kegiatan Inti
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat sudut siku-siku dari kertas yang dilipat.
2.      Guru menginformasikan besar sudut lancip, siku-siku, dan tumpul.
3.      Bersama kelompok, siswa membuat sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul dengan melipat kertas kemudian dijiplak untuk membuat gambarnya.
4.      Beberapa siswa maju menyampaikan hasil kerja kelompok, kelompok yang lain menanggapi.
5.      Dengan bimbingan guru, siswa menentukan sudut dengan lipatan kertas bebrentuk sudut siku-siku.
6.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 123.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Ketiga (2 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat tentang jenis-jenis sudut.
Motivasi : Tukang kayu sangat memerlukan materi ini.
Kegiatan Inti
1.      Dengan tanya jawab, siswa menyebutkan jenis sudut dari gambar yang ditunjukkan guru.
2.      Guru menunjukkan waktu pada jam tiruan, siswa menyebutkan jenis sudut yang terbentuk.
3.      Beberapa siswa maju memutar pada jarum jam tiruan, siswa yang lain menyebutkan tanda waktu dan besar sudut (nama sudutnya).
4.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 125.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Siswa bersama guru melakukan refleksi.
3.      Guru memberi tugas rumah.
VIII.    Alat dan Sumber Belajar
1.      Buku Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, tahun 2006, halaman 116–125
2.      Kertas dilipat bentuk sudut
3.      Gambar berbagai jenis sudut

IX.       Penilaian
Teknik : Kuis, tes, unjuk kerja, pertanyaan
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis
Contoh instrumen:
1.      Sepasang sinar garis lurus yang bertemu pangkalnya disebut . . . .
2.      Urutan sudut dari yang terbesar pada gambar berikut adalah . . . .
3.      Sudut di samping dinamakan sudut . . . .
4.      Dari pukul 12.00 ke pukul 12.15 jarum panjang berjalan sejauh . . . putaran dan membentuk satu sudut . . . .
5.      Jenis sudut yang ditunjukkan pada jam di samping adalah . . . .























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD N Lamkunyet
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : III/2
Tema                          : Gejala Alam
Alokasi Waktu           : 8 × 35 menit (3 kali pertemuan)

I.          Standar Kompetensi :
Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
II.        Kompetensi Dasar :
Menghitung keliling persegi dan persegi panjang.
III.       Indikator :
1.      Menemukan rumus keliling bangun datar persegi panjang.
2.      Menentukan/menghitung keliling persegi panjang dengan melibatkan satuan baku.
3.      Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling persegi panjang.
4.      Menemukan rumus keliling bangun datar persegi.
5.      Menentukan/menghitung keliling persegi dengan melibatkan satuan baku.
IV.       Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menemukan rumus keliling bangun datar persegi panjang.
2.      Siswa dapat menentukan/menghitung keliling persegi panjang dengan melibatkan satuan baku.
3.      Siswa dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling persegi panjang.
4.      Siswa dapat menemukan rumus keliling bangun datar persegi.
5.      Siswa dapat menentukan/menghitung keliling persegi dengan melibatkan satuan baku.
V.        Materi Ajar
1.      Unsur-Unsur Bangun Datar Sederhana
2.      Keliling dan Luas Bangun Datar
VI.       Metode Pembelajaran
Tanya jawab, demonstrasi, diskusi, dan tugas
VII.     Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Bertanya jawab tentang bentuk/nama bangun datar.
Motivasi : Materi ini berguna bagi para kontraktor.
Kegiatan Inti
1.      Bersama kelompok, siswa mengukur panjang dan lebar meja dan bangku yang diduduki dan melaporkan hasilnya.
2.      Guru menginformasikan tentang keliling bangun persegi panjang dengan mengukur panjang dan lebar papan tulis.
3.      Siswa menemukan keliling meja dan bangku yang diduduki dari hasil pengukuran dan melaporkannya.
4.      Guru menunjukkan gambar persegi dan persegi panjang lengkap dengan nama sisi, panjang, dan lebar.
5.      Bersama teman sebangku, siswa menentukan rumus keliling bangun persegi dan persegi panjang.
6.      diskusi kelas untuk menentukan rumus keliling bangun datar persegi dan persegi panjang.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua (2× 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat tentang rumus keliling persegi dan persegi panjang.
Motivasi : Materi ini berguna jika kita akan membuat rumah.           
Kegiatan Inti
1.      Siswa menentukan rumus keliling persegi dan persegi panjang dari gambar yang ditunjukkan oleh guru.
2.      Guru memberikan ukuran baku pada gambar yang ditunjukkan kepada siswa, kemudian siswa menentukan kelilingnya.
3.      Bersama kelompok, siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 155.
4.      Beberapa siswa maju menyampaikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Ketiga (3 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat tentang mencari keliling persegi dan persegi panjang.
Motivasi : Materi ini juga berguna bagi tukang kayu.
Kegiatan Inti
1.      Guru menginformasikan cara menentukan kalimat matematika dari soal cerita tentang persegi panjang.
2.      Bersama kelompok, siswa mengerjakan soal cerita dengan menentukan kalimat matematikanya, yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 56.
3.      Beberapa siswa maju menyampaikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi.
4.      Diskusi kelas tentang cara menyelesaikan soal cerita tentang persegi panjang.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Siswa bersama guru melakukan refleksi.
3.      Guru memberi tugas rumah.
VIII.    Alat dan Sumber Belajar
1.      Buku Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, tahun 2006, halaman 153–159
2.      Papan berpetak
IX.       Penilaian
Teknik : Kuis, tes, tugas
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis
Contoh instrumen:
1.      Keliling bangun di samping . . . satuan.
2.      Keliling persegi panjang di samping . . . cm.
3.      Rumus keliling persegi adalah K = . . . .
4.      Panjang rusuk persegi 5 cm. Kelilingnya . . . cm.

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD N Lamkunyet
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : III/2
Alokasi Waktu           : 12 × 35 menit (4 kali pertemuan)

I.          Standar Kompetensi :
Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
II.        Kompetensi Dasar :
Menyelesaikan luas persegi dan persegi panjang.
III.       Indikator :
1.      Menjelaskan luas sebagai daerah dari bidang datar.
2.      Menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan.
3.      Menemukan rumus luas bangun persegi panjang.
4.      Menghitung luas persegi panjang dengan melibatkan satuan baku.
5.      Menemukan rumus luas bangun persegi.
6.      Menghitung luas bangun persegi dengan melibatkan satuan baku.
IV.       Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan luas sebagai daerah dari bidang datar.
2.      Siswa dapat menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan.
3.      Siswa dapat menemukan rumus luas bangun persegi panjang.
4.      Siswa dapat menghitung luas persegi panjang dengan melibatkan satuan baku.
5.      Siswa dapat menemukan rumus luas bangun persegi.
6.      Siswa dapat menghitung luas bangun persegi dengan melibatkan satuan baku.
V.        Materi Ajar
Keliling dan Luas Bangun Datar Sederhana
VI.       Metode Pembelajaran
Tanya jawab, demonstrasi, diskusi, tugas, dan ceramah bervariasi
VII.     Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat tentang keliling bangun datar.
Motivasi : Materi ini berguna pada waktu kita membuat rumah.
Kegiatan Inti
1.      Dengan menunjukkan gambar bidang datar pada papan berpetak, guru menginformasikan tentang luas dari bidang datar.
2.      Guru menunjukkan gambar persegi dan persegi panjang pada papan berpetak, siswa menentukan luas bangun dengan menghitung petak satuan.
3.      Siswa menaksir luas bidang datar, seperti soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 150–151.
4.      Diskusi kelas untuk membahas hasil pekerjaan siswa.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua (3 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat tentang luas bangun datar/bidang datar.
Motivasi : Materi ini bermanfaat pada saat kita memasang keramik.
Kegiatan Inti
1.      Guru menunjukkan gambar persegi dan persegi panjang pada papan berpetak, siswa menentukan luas bangun dengan menghitung petak satuan, diawali banyak petak pada sisi, panjang, dan lebar.
2.      Guru menunjukkan gambar persegi dengan sisi ditandai s dan gambar persegi panjang dengan panjang p dan lebar l.
3.      Siswa menentukan rumus luas persegi dan persegi panjang dengan bimbingan guru.
4.      Diskusi kelas untuk menuliskan rumus luas persegi dan persegi panjang.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Ketiga (3 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat tentang rumus persegi panjang.
Motivasi : Dalam membuat rumah kita sangat perlu materi ini.
Kegiatan Inti
1.      Guru menunjukkan gambar persegi panjang dengan papan berpetak, siswa menentukan luasnya dengan mengalikan banyak petak satuan pada lajur dan pada kolom.
2.      Guru menunjukkan gambar persegi panjang dengan disertai satuan baku, siswa menentukan luas bangun tersebut.
3.      Diskusi kelas membahas hasil pekerjaan siswa.
4.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 158.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Keempat (3 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat tentang rumus luas persegi.
Motivasi : Dalam memasang lantai keramik kita perlu materi ini.
Kegiatan Inti
1.      Bertanya jawab tentang cara menentukan luas persegi panjang.
2.      Guru menunjukkan gambar persegi dengan disertai satuan baku pada sisinya, siswa menentukan luasnya.
3.      Diskusi kelas membahas hasil pekerjaan siswa.
4.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 160.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
2.      Guru memberi tugas rumah.
VIII.    Alat dan Sumber Belajar
1.      Buku Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, tahun 2006, halaman 150–160
2.      Kertas berpetak
3.      Papan berpaku
IX.       Penilaian
Teknik : Kuis, tes, unjuk kerja
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis
Contoh instrumen:
1.      Luas = . . . petak satuan.
2.      Luas daun kira-kira = . . . petak satuan.
3.      Luas = . . . cm2.
4.      Luas = . . . dm2.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD N Lamkunyet
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : III/2
Alokasi Waktu           : 5 × 35 menit (2 kali pertemuan)

I.          Standar Kompetensi :
Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
II.        Kompetensi Dasar :
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang.
III.       Indikator :
1.      Membandingkan luas berbagai bangun persegi dan persegi panjang.
2.      Mengurutkan luas berbagai bangun persegi dan persegi panjang.
3.      Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
IV.       Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membandingkan luas berbagai bangun persegi dan persegi panjang.
2.      Siswa dapat mengurutkan luas berbagai bangun persegi dan persegi panjang.
3.      Siswa dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
V.        Materi Ajar
Keliling dan Luas Bangun Datar Sederhana
VI.       Metode Pembelajaran
Tanya jawab, demonstrasi, diskusi, dan tugas
VII.     Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (3 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat luas persegi dan persegi panjang.
Motivasi : Materi ini berguna bagi investor perumahan.
Kegiatan Inti
1.      Bersama kelompok, siswa menentukan luas beberapa bangun datar persegi dan persegi panjang yang ditunjukkan oleh guru.
2.      Beberapa siswa maju untuk menyampaikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi.
3.      Dengan bimbingan guru, siswa membandingkan dan mengurutkan bangun dari yang terluas atau sebaliknya.
4.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 161.
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa merangkum hasil pembelajaran.
2.      Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua (4 × 35 menit)
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingat luas dan keliling persegi dan persegi panjang.
Motivasi : Materi ini juga berguna bagi pengusaha mebelair.
Kegiatan Inti
1.      Guru menginformasikan tentang cara menentukan kalimat matematika dari soal cerita yang mengandung keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
2.      Bersama teman sebangku, siswa mengerjakan soal cerita yang dituliskan guru.
3.      Siswa maju menyampaikan hasil kerja kelompok dan siswa yang lain menanggapi dilanjutkan diskusi kelas.
4.      Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku sumber Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, halaman 161.
Penutup
1.      Dengan bantuan guru, siswa merangkum hasil pembelajaran.
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.      Guru memberi tugas rumah.
VIII.    Alat dan Sumber Belajar
1.      Buku Matematika III, karangan Nur Akhsin dan Heny Kusumawati, tahun 2006, halaman 160–167
2.      Papan berpetak
3.      Gambar berbagai bidang datar
4.      Gambar berbagai bangun datar
IX.       Penilaian
Teknik : Kuis, tes, dan tugas
Bentuk instrumen : Lisan, tertulis



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar