WELCOME TO MY BLOG ~ SEMOGA BERMANFAAT - MOHON TINGGALKAN PESAN

Rabu, 01 Oktober 2014

PEMUDA DAN SOSIAL


Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang. Sehingga sering sekali disebut pemuda adalah jung tombak majunya bangsa ini dan bung sukarno juga mengatakan kata-kata yang selalu menjadi inspirasi para pemuda yaitu “berikan aku 10 pemuda maka aku guncangkan negeri ini”. Dari kutipan tersebut sangat jelas peran pemuda dalam pembangunan bangsa ini. Tetap bagaimanakah jika pemuda sekarang ini sudah bermalas-malasan tanpa memikirkan lagi apa yang memang menjadi tanggung jawab mereka, hal teebut merupakan awal dari pada kemerosotan perkembangan negara ini.
Hampir setiap manusia dibesarkan dilingkungan masyarakat sehingga sikap, pandangan, bahasa serta hal-hal lain itu sangat identik dengan lingkungan dimana tempat dibesarkan anak tersebut. Apabila lingkungannya baik, maka tertatalah anak tersebut namun sebaliknya jika lingkungannya buruk maka berefek buruk pula pada tingkah laku anak tersebut. Tetapi bukan dalam artian jika lingkungannya buruk semua anak akan buruk, tidak. Hal itu kembali kepada ke dua orang tuanya dalam mengasuh, orang tua harus memberikan batasan-batasan dalam bergaul, nasehat-nasehat serta memberikan pendidikan yang bagus, sehingga anak-anak tidak terlalu 100% dilingkungan masyarakat. Usia dini adalah usia yang sangat rentan dengan pengaruh-pengaruh negatif  begitu juga positif. Ketika pembekalan sedini mungkin dilakukan maka pengaruh-pengaruh sosial yang tidak baik sudah tidak lagi mereka ikut mentah-mentah, tetapi mereka sudah ada penyaring dan timbang-timbang dalam memilih segala hal dengan ilmu yang mereka miliki. Hal yang demikian ini yang akan menunjang menjadi pemuda yang diharapkan oleh bangsa dan masyarkat.

Untuk mengembangkan kemampuan atau untuk menyalurkan bakat yang sudah dilatih di sekolah atau diperguruan tinggi tentu dibutuhkan kancah/forum untuk kita dedikasikan kepada masyarakat banyak. Salah satu forum awal yang bisa dijajaki oleh pemuda adalah organisasi yang ada ditempat mereka tinggal. Karena dari situlah biasanya pemuda memulai jati diri kepemimpinan. Sebagaimana yang kita tahu bersama bahwa manusia ini hidup untuk menjadi khalifah dimuka bumi ini. Untuk menjadi pemimpin itu sendiri membutuhkan pembelajaran, seni serta ilmu-ilmu lain guna mendukung menjadi pemimpin yang dirindui oleh masyarakat banyak. Engin Fahri mengatakan Sosial adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu tersebut. Didalam dunia sosial pasti tidak luput dari pada masalah-masalah, baik itu muncul anatara individu dan individu atau individu dengan kelompok. Cara memperkecil hal yang demikian disinilah pemuda dituntut untuk mengurangi sikap agresifnya, karena mengingat pemuda ini merupakan individu yang ingin mencoba segala hal dengan agresif. Untuk menghilangkan sikap agresif pada tempat yang salah adalah dengan cara belajar bagaimana cara menghargai orang lain, buat mereka serperti diri sendiri. Karenan pada dasarnya mereka ingin dihargai juga sebagaimana kita ingin dihargai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar